Trobelshooting

| |
Komputer hang bila menjalankan Delphi
Pada komputer yang menggunakan chip set S3 tertentu, seperti S3 Virge 3D/325, S3 Virge 3D/375, S3 Virge/GX, S3 Virge/DX, S3 Trio64V2- S3 Trio32 maka akan mengalami masalah bila menjalankan program Delphi, yaitu komputer menjadi hang pada saat splash screen Delphi muncul, dan proses hanya dapat direset dengan menekan tombol reset pada CPU. Masalah ini terjadi pada Delphi 3 sampai Delphi 5. 
Penyebab :
Masalah ini timbul karena interaksi antara Delphi, Windows, dan driver dari video card tersebut; khususnya dalam penanganan ImageList.Delphi 3 dan Delphi 4 pada saat loading akan meng-construct suatu ImageList yang berukuran cukup besar (180+ image) untuk menampung icon/glyph pada component palette atau yang digunakan Delphi sendiri secara internal. Beberapa driver video card (terutama pada driver S3 chip yang disebutkan di atas) mempunyai bug dalam penanganan ImageList APIini. Ketika imagelist tersebut di-build dalam memory, karena ukurannya yang cukup besar, driver akan mencoba 'swapping' ke main RAM; hanya karena implementasinya masih kurang sempurna, proses ini akan menyebabkan windows menjadi 'hang'. 
Solusi : 
1. Anda bisa mencoba menjalankan delphi dengan command line switch "-ns" (i.e. : Delphi32.exe -ns) dari run-dialog atau modifikasi shortcut Delphi anda. Option ini akan menyebabkan delphi TIDAK menampilkan/loading splash screen yang biasa ditampilkan (logo + gambar venus) untuk menghemat memory. 
2. Bila anda menggunakan Delphi 4, silakan apply Service Pack #2 yang bisa di-download dari website-nya Inprise. Delphi 4.02 akan mencoba mengatasi masalah ini dengan meng-construct imagelist tersebut secara manual di main RAM. 
3. Edit file SYSTEM.INI anda, tambahkan "BusThrottle=1" di section [DISPLAY]; Lalu boot ulang system anda. 
4. Salah satu cara yang hampir pasti berhasil adalah dengan mengurangi Hardware Acceleration settings untuk video card anda. Hal ini bisa di-set dari "Klik_Kanan_di_Desktop->Properties->Settings->Advanced->Performance" atau "Klik_Kanan_di_My_Computer->Properties->Performance->Graphics". Geserlah slider ke Settings "Basic" atau "None". 
5. Cobalah beberapa jenis driver yang berbeda, karena biasanya untuk setiap chip ada beberapa versi driver. Driver terbaru bisa di download dari vendor anda atau di www.s3.com.

0 komentar:

Posting Komentar